Rabu, 19 Februari 2014

nilai dan norma sosial


Pengertian Nilai Sosial dan Norma Sosial
A.   Nilai Sosial (Social Value)
·         Konsep-konsep umum tentang sesuatu yang dianggap baik, patut, layak, pantas yang keberadaannya dicita-citakan, diinginkan, dihayati, dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi tujuan kehidupan bersama di dalam masyarakat
Macam-Macam Nilai Menurut Notonegoro
1.    nilai material,
2.    nilai vital,
3.     nilai kerohanian
B.   Fungsi Nilai Sosial
1.    faktor pendorong cita-cita atau harapan bagi kehidupan sosial.
2.    petunjuk arah
3.    alat perekat solidaritas sosial di dalam kehidupan kelompok
4.    benteng perlindungan atau penjaga stabilitas budaya kelompok atau masyarakat
C.   Nilai Budaya
Nilai budaya merupakan konsep abstrak mengenai masalah dasar dan bersifat umum, yang sangat penting serta bernilai bagi kehidupan masyarakat. Nilai budaya itu menjadi acuan tingkah laku sebagian besar anggota masyarakat yang bersangkutan
D.   Nilai Moral
Nilai Moral = dalam etika tau filsafat moral,digunakan untuk menghubungkan pernyataan faktual dan pernyataan normatif . nilai dibedakan dalam fakta dan norma.

E.    Norma Sosial ( Social Norm)Norma adalah penjabaran nilai-nilai secara rinci terperinci ke dalam bentuk tata aturan atau tata kelakuan yang secara makro adalah konstitusi, Undang-undang, Peraturan Pemerintah, konvensi dan aturan tak tertulis lainnya
Norma Moral
Norma Moral berasal dari bahasa Latin mos (jamak,mores) yang berarti adat, cara bertindak, kebiasaan. Norma moral berarti kelakuan atau tindakan dan sekaligus ukuran apakah seseorang itu baik atau tidak baik sebagai manusia.
Macam-macam norma yang berlaku di masyarakat
1.    norma agama
2.    norma kesopanan
3.    norma kesusilaan
4.    norma hukum
PROSES PERTUMBUHAN NORMA SOSIAL
Proses pertumbuhan norma akan tergantung pada proses pelembagaan (institusionalized) yang akhirnya menghadapi sikap masyarakat yaitu antara kekuatan masyarakat yang menerima dan yang menentang.
Berdasarkan sanksi yang diterima, proses pertumbuhan norma terdapat;
1.    cara (usage)
2.    kebiasaan (folkways)
3.    tata kelakuan (mores)
4.    adat istiadat (custom)
5.    hukum (laws)

Perubahan Nilai-nilai dan Norma Norma Sosial
Setiap saat masyarakat selalu mengalami perubahan. Jika dibandingkan apa yang tejadi saat ini dengan beberapa tahun yang lalu. Maka akan banyak ditemukan perubahan baik yang direncanakan atau tidak, kecil atau besar, serta cepat atau lambat.
Sikap masyarakat terhadap perubahan nilai dan norma sosial
·         Masyarakat konservatif
·         Masyarakat
1.    Perubahan nilai dalam masyarakat
Pada umumnya, nilai-nilai dalam masyarakat tidak mudah berubah. Dengan berlalunya waktu, ada nilai-nilai tertentu yang ditinggalkan oleh masyarakat dan digantikan oleh nilai-nilai baru.
2.    Perubahan norma dalam masyarakat
Dilihat dari sudut pandang teori struktural fungsional perubahan norma-norma dalam masyarakat terjadi karena perubahan nilai-nilai dalam masyarakat. Karena norma merupakan penjabaran lebih lanjut dari nilai-nilai dalam masyarakat, maka bila nilai-nilai dalam masyarakat berubah, hal itu akan diikuti pula dengan perubahan norma-norma.
KETIDAK SEIMBANGAN DALAM PERUBAHAN
Pada masyarakat yang sedang mengalami perubahan sosial, tidak selalu perubahan-perubahan pada unsur-unsur masyarakat dan kebudayaan itu mengalami kelainan yang seimbang.



Dampak Perubahan Frontal;
·         anomie = suatu keadaan sosial yang kacau akibat dari perubahan yang frontal dimana nilai-nilai lama sudah tidak berlaku sedangkan rumusan nilai yang baru belum terwujud akibatnya mansyarakat kehilangan pedoman hidup.
·         cultural lag = atau ketertinggalan budaya adalah suatu sikap masyarakat yang tidak atau belum siap secara mental dalam mengikuti perubahan
·         mostezo culture = bentuk sikap sosial yang tidak tahu maksud arti dari perubahan itu sendiri, misalnya fasilitas kipas angin di dalam KRD yang dipasang agar penumpang nyaman, akan tetapi kipas angin tersebut habis dicuri penumpang untuk dijual ke tukang besi loakan.

KESIMPULAN
Tidak ada kehidupan masyarakat yang ,tidak terdapat nilai-nil dan norma-norma sosial, sebaliknya tidak akan nilai-nilai dan norma-norma sosial yang berdiri tanpa ada rnasyarakat pendukungnya. Nilai dan norma sosial merupakan hasil kesepakatan di dalam kehidupan masyarakat yang antara masyarakat satu dan masyarakat lainnya terdapat karakter sosiokulutral yang berbeda-beda. Hal inilah yang mengakibatkan timbulnya perbedaan konsep nilai-nilai dan norma sosial yang berlaku di masing-masing kelompok. Di dalam struktur bangsa yang menganut asas pluralisme, perbedaan konsep tentang nilai-nilai dan norma sosial adalah menjadi sesuatu yang bersifat alat oleh sebab itu perlu dikembangkan sikap saling memahami, menghargai, dan penuh toleransi antar penganut nilai-nilai dan norma-norma sosial sebagai dasar untuk menciptakan perdamaian di dalam struktur masyarakat pluralis.


Pertanyaan
1.    Jelaskan  salah salah satu hubungan antara norma sosial dan nilai sosial serta berikan contoh yang  konkrit dalam hubungan tersebut??
Jawab :
norma dibangun di atas nilai sosial, dan norma sosial diciptakan untuk menjaga dan mempertahankan nilai sosial.
Contoh keluarga yang harmonis adalah suatu nilai,dalam mempertahankan keluarga yang harmonis dibutuhkan suatu norma yakni  sopan santun dari anak terhadap orang tua serta seorang suami harus menghargai seorang istri demikian sebaliknya.
2.    Jelaskan dan berikan contoh bahwa nilai sosial adalah perwujudan dari norma sosial !!
Jawab :
Dengan adanya norma sosial maka akan mengakibatkan timbulnya nilai sosial dengan kata lain norma sosial menghasilkan nilai sosial.
Contoh yang sama dengan diatas dengan adanya aturan-aturan dalam keluarga seperti anak harus berlaku sopan santun dengan orang tua, suami harus mengahargai istri atau sebaliknya maka akan tercipta suatu nilai sosial yakni keluarga yang harmonis.
3.    Mengapa dikatakan bahwa nilai sosial menjadi sumber dinamika masyarakat ???
Jawab :
Berbicara dinamika masyarakat berarti berbicara masalah pertumbuhan atau perkembangan  masyarakat artinya masyarakat tidak akan berkembang kalau tidak ada nilai-nilai sosial didalamnya.
4.    Norma apakah yang terpenting dalam masyarakat dan mengapa norma tersebut dianggap yang terpenting???
Jawab:
Norma yang terpenting dalam masyarakat adalah norma hukum karena norma tersebut mengatur hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan Tuhan.
5.    Bagaimana proses pertumbuhan norma sosial dalam masyarakat??
Jawab :
Pertumbuhan norma sosial dalam masyarakat  bisa dikatakan kurang karena norma-norma dalam masyarakat tidak semuanya dijalankan dengan baik.
6.    Jelaskan norma sosial berperan melindungi nilai sosial
Jawab :
 norma berperan melindungi nilai sosial dalam masyarakat. Hal ini penting karena seperangkat nilai dan norma tersebut berperan dan berfungsi untuk mengatur tata kehidupan setiap anggota masyarakat sebagai makhluk sosial, sehingga tercapai suatu bentuk keteraturan yang berlandaskan pada sistem budaya masing-masingJika nilai dan norma tersebut sudah diperlakukan dengan baik maka kehidupan masyarakat akan lebih terkendali dan teratur sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat itu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar